FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
















Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember didirikan pada tahun akademik 1981/1982 bersamaan dengan berdirinya Universitas Muhammadiyah Jember yang membuka Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Pertanian, berdasarkan surat keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Majelis Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan Muhammadiyah nomor 050/III–JIM-81/81 tertanggal 1 September 1981.
Pada mulanya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memiliki 2 (dua)  jurusan, yaitu: (1) Jurusan Ilmu Pendidikan dengan Program Studi Bimbingan Penyuluhan (BP) atau sekarang menjadi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB), (2) Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris jenjang Sarjana Muda atau Diploma Tiga (SO atau D-3) Kependidikan. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor: 070/0/1985 tertanggal 18 Februari 1985, FKIP Universitas Muhammadiyah Jember yang membuka dua jurusan mendapatkan status Terdaftar.

Pada tanggal 19 Juli 1989 Fakultas Keguruan dan Ilmu Perndidikan menambah jurusan baru dengan Surat Keputusan Mendikbud nomor 0438/0/1989 dengan status Terdaftar, yaitu: 1) Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni  dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1), 2) Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (PMIPA), dengan Program Studi Pendidikan Matematika (S1) dan Program Studi Pendidikan Biologi (S1).

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud Republik Indonesia nomor 535/DIKTI/Kep/1996 tertanggal 4 Desember 1996, program studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) mendapatkan Status Diakui. Selanjutnya sejak tanggal 22 Desember 1998 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Status menjadi Terakreditasi berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Peguruan Tinggi No.: 002/BAN–PT/AK–II/XII/1998 (Nilai C) dan tertanggal 14 Agustus 2002 dengan No.: 016/BAN–PT/AK– V/S1/VIII/2002 (Nilai C). dan  tertanggal 8 Desember 2005 No. 022/BAN-PT/Ak-IX/S1/XII/2005 (Nilai B).
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember telah mendapatkan perpanjangan ijin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris nomor 36 II /D/T/2003 tertanggal 13 November 2003, Program Studi Pendidikan Matematika nomor 1733/D/T/2004 tertanggal 19 mei 2004, Program Studi Pendidikan Biologi nomor 1731/D/T/2004 tertanggal 19 Mei 2004. Sedangkan penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak (PGTK) telah mendapat ijin tertanggal 28 September 2004 nomor 3853/D/T/2004. HAKEKAT FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau biasa disebut dengan FKIP mempelajari tentang ilmu pendidikan dan belajar tentang cara mengajar dengan baik seperti guru dan dosen. 

FKIP memiliki beberapa Program Studi Diantaranya :
  1. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar  ( S 1 )
  2. Program Studi Pendidikan Matematika  ( S 1 )
  3. Program Studi Pendidikan Fisika  ( S 1 )
  4. Program Studi Pendidikan Biologi  ( S 1 )
  5. Program Studi Pendidikan Ekonomi ( S 1 )
  6. Program Studi Pendidikan Sejarah  ( S 1 )
  7. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  ( S 1 )
  8. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris  ( S 1 )
  9. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah  ( S 1 )
Fasilitas Yang Ada di FKIP
  1. Ruang Kelas Ber-AC
  2. Free Hostpot Area
  3. Perpustakaan Mini
  4. Mushola
  5. Kantin
  6. Area Diskusi Bersama
  7. Dan Fasilitas Pendukung lainnya
Pengetahuan Yang Didapat di FKIP
FKIP mengajarkan tentang ilmu ilmu pendidikan sesuai dengan bidang program studi masing masing, selain itu mahasiswa FKIP juga diajarkan bagaimana bersosialisai agar proses ngajar mengajar manjadi efektif selain itu juga masih diajarkan ilmu pendukung lainnya seperti statistika dan manajemen pendidikan.
Adapun Fungsi pendidikan yang didapan di FKIP  Universitas Jember berikut  :
Transmisi (pemindahan) kebudayaan.
Memilih dan mengajarkan peranan sosial.
Menjamin integrasi sosial.
Sekolah mengajarkan corak kepribadian.
Sumber inovasi sosial.


Pekerjaan Lulusan FKIP
Lulusan FKIP mayoritas 90 % langsung kerja menjadi seorang guru mulai dari tingkat dasar hingga sekolah tingkat atas. Argumen tersebut bukan hanya iklan melainkan benar adanya kerena pemerintah Indonesia sedang mengalakkan pembangunan daerah. Dengan demikian kebutuhan tenaga pengajar semakin meningkatSelain lulusan FKIP juga bisa menjadi dosen dan peneliti dengan ruang lingkup pendidikan selain itu juga bisa menjadi seorang tentor di bimbingan belajar.  


animasi bergerak gif